R FAHMI PRIANDRI


@rfahmip

Gunung Bromo - Probolinggo trip

Gunung Bromo – Probolinggo trip

 Bromo

Pesona Jawa Timur, Gunung Bromo adalah salah satu daya tarik wisatawan yang menyuguhkan pesona alam yang luar biasa indah. Wisata ini terkenal hingga ke mancanegara.

Bromo 

Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang merupakan bagian dari gugusan pegunungan BTS (Bromo-Tengger-Semeru). Mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Untuk mencapai Gunung Bromo terdapat dua jalur darat yaitu melalui Probolinggo – Sukapura atau lewat jalur Malang. Untuk mencapai kawah Gunung Bromo kita dapat menggunakan kendaraan roda dua, atau menyewa kendaraan hard-top yang disewakan oleh Bromo Jeep Club. Selama perjalanan menuju kawah Gunung Bromo kita akan melewati lautan pasir dan jalanan gunung yang cukup terjal.

Lautan Pasir

Lalu kendaraan akan diparkir pada parking base yang kemudian kita dapat menunggang kuda untuk mendaki dan melihat kawah Gunung Bromo. Selain itu kita juga dapat melihat sunrise di spot Penanjakan.

Bromo

Pemandangan yang sangat indah akan memanjakan mata kita dengan udara yang sangat dingin hingga 5OC, tentunya kita sangat membutuhkan pakaian hangat yang bisa disewa disana. Untuk masalah penginapan terdapat banyak homestay dan losmen serta hotel untuk menginap di kawasan Gunung Bromo. Bila tepat pada waktunya kita juga dapat menyaksikan upacara adat Tengger yaitu upacara Kasada.

Bromo

Selain itu terdapat sebuah air terjun kecil yang juga cukup indah di dekat Gunung Bromo, tepatnya di Sukapura. Air terjun ini belum banyak diketahui oleh wisatawan dan hanya penduduk setempat yang mengetahuinya. Wisata Gunung Bromo sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :