R FAHMI PRIANDRI


@rfahmip

Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan kendaraan motor lain atau benda lain yang berada di jalan yang dapat menyebabkan kerusakan, luka-luka, dan kematian.

Kementerian Perhubungan menyatakan sepanjang 2011 terdapat 32.657 jiwa melayang akibat kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini naik bila dibanding tahun 2010 yaitu tercatat 31.234 korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas, angka kematian tersebut lebih tinggi daripada kematian akibat penyakit maupun peperangan. Sedangkan menurut WHO, kecelakaan merupakan pembunuh terbesar manusia urutan ketiga setelah HIV/AIDS dan TBC.

Ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, yaitu adalah faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor jalan. Serta faktor penyebab lain yaitu cuaca. Dimana dalam sebuah kecelakaan dapat dikarenakan gabungan dari beberapa faktor-faktor penyebab diatas.

Faktor cuaca yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah cuaca hujan, yang bisa membuat rem kendaraan menurun daya kerjanya, jalan menjadi licin sehingga menurunnya daya gesek ban terhadap jalan saat pengereman, serta gangguan penglihatan yang dapat disebabkan juga oleh debu, asap tebal, dan kabut.

Faktor jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan seperti kondisi jalan yang tidak layak (bergelombang, berlubang, tidak rata), lebar jalan yang terlalu kecil, tidak adanya garis kejut, pagar pengaman jalan dan pembatas jalan serta penerangan jalan dan rambu-rambu lalu lintas yang kurang. 

Faktor kendaraan adalah seperti kondisi rem yang tidak baik, kondisi ban yang gundul, lampu kendaraan yang tidak menyala, kaca spion yang tidak terpasang dan steering yang buruk. Faktor manusia merupakan penyebab utama, seperti mengantuk dan lelah, tidak konsentrasi, melanggar rambu lalu lintas, lalai dan ugal-ugalan, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman,  penggunaan alat komunikasi saat menyetir dan lain sebagainya.

Oleh karenanya diperlukan pencegahan terhadap kecelakaan seperti perbaikan jalan, rambu lalu lintas dan penerangan jalan, pelebaran jalan, pengecekan kondisi kendaraan, istirahat ketika lelah, dan teknologi pengaman pada kendaraan seperti foglamp, airbag system, anti-lock brake system, dan lain-lain. Pencegahan utama adalah oleh manusia yaitu dengan hati-hati dan waspada dijalanan serta memetuhi rambu lalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas 

Dari berbagai sumber. 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :