R FAHMI PRIANDRI


@rfahmip

10 Mobil Patroli Polisi Indonesia

Sebagai aparatur negara yang bertugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, jajaran kepolisian dibekali dengan kendaraan-kendaraan patroli yang cukup menawan. Hal ini ditujukan agar dalam melaksanakan tugasnya kepolisian dapat lebih efektif dan efisien sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan lebih optimal. Kendaraan patroli polisi Indonesia dapat dibilang mewah dan memiliki akselerasi yang tinggi, seperti beberapa armada kepolisian dibawah ini: 

1. BMW M3 E30

                Mobil mewah pabrikan Jerman ini sempat menjadi armada patroli kepolisian Indonesia. BMW M3 E30 memiliki mesin dengan kapasitas 2.300cc 4 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 195hp. Konon mobil ini merupakan mobil legendaris dalam balapan rally dunia.

BMW M3 E30

BMW

2. Ford Focus

                Sedan pabrikan Amerika Serikat bermesin 1800cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 125hp. Mobil ini banyak digunakan oleh polisi pengamanan obyek vital (PAM OBVIT) di Kedubes ataupun Konjen dan obyek vital lain, selain itu juga digunakan untuk patroli jalan raya (PJR). Khusus untuk mobil patroli dan PJR mobil yang digunakan adalah Ford Focus dengan mesin 2000cc bertenaga 170 power kuda.

Ford Focus 

 

Ford Focus 

Ford Focus Ghia 

 3. Ford Ranger

                Kendaraan diesel berpenggerak 4 roda (4WD) dengan mesin berkapasitas 2.2L double cabin dilengkapi sistem turbocharger. Mampu menghasilkan tenaga hingga 150hp dengan 6 percepatan manual.

Ford Ranger 

Ford Ranger 

4. Hyundai Elantra

                Hyundai Elantra merupakan mobil pabrikan Korea Selatan, yang merupakan mobil patroli polisi yang istimewa di Indonesia karena sudah menjadi armada bagi jajaran kepolisian jalan raya sebelum mobil ini resmi diluncurkan untuk dipasarkan di Indonesia. Mobil keluaran terakhir merupakan generasi kelima dari Hyundai Elantra, memiliki mesin 1,8L dengan transmisi manual 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini mencapai 148hp. Model yang bagus dan sangat aerodinamis sehingga sedap dipandang mata.

Hyundai Evante 

 Hyundai Elantra

Hyundai Elantra 

5. Toyota Fortuner

                Kendaraan berbasis sport utility vehicle dengan mesin 2,7L Fortuner tergolong kendaraan SUV mewah dan mahal. Digunakan sebagai mobil pengawal (patwal).

Toyota Fortuner 

Toyota Fortuner 

6. Mazda 6

              Mobil canggih lain kepunyaan polisi Indonesia adalah Mazda 6, mengusung mesin MZR 2,5 liter, DOHC, 16 valve dengan teknologi sequential-valve-timing (S-VT). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 167 HP dengan torsi 226 Nm.

Mazda 6 

Mazda 5 

Mazda 5 

Mazda 5 

Mazda 6 

Mazda 6 

 

 7. Isuzu Panther

                Mobil bermesin diesel yang terkenal sangat irit ini juga menjadi bagian dari armada polantas. Memiliki mesin 2.500L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 86 tenaga kuda dilengkapi dengan turbocharger. Mesin diesel direct injection bertransmisi 5 percepatan manual ini merupakan mobil patroli polantas yang cukup garang.

Isuzu Panther 

8. Mitsubishi Strada Triton

                Mobil sport segala medan berkelas SUV memiliki mesin diesel 2,5L dengan 5 percepatan manual. Mampu menghasilkan tenaga hingga 136hp.

 Strada Triton

Strada triton 

 9. Mitsubihi Lancer EX

                Mobil ini adalah armada terbaru yang dimiliki oleh jajaran kepolisian. Pabrikan produsen raksasa Jepang Mitsubishi Lancer EX adalah Lancer generasi ke-9, memiliki mesin 4-cylinder 16-valve DOHC yang kompak dan ringan dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control) yang mampu menghasilkan tenaga 155 PS. Bahan bakar yang dikonsumsi adalah BBM dengan nilai oktan tinggi (RON 90 atau diatasnya). Modelnya sangat sporty dan aerodinamis, ditunjang performa khas Mitsubishi yang jago lari. Menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan.

Lancer EX 

Lancer Evo 9 EX 2.0 

Lancer EX 

Lancer Evo 9 

Mitsubishi EX 

Mitsubishi EX Evo9 

10. Mitsubishi Galant V6

                Polisi Indonesia punya Mitsubishi Galant sebagai salah satu armada dinasnya. Tak tanggung-tanggung, Galant yang dipunyai kepolisian Indonesia ini adalah Mistubishi Galant tipe V6-Single Turbocharge. Mobil ini memiliki spesifikasi mesin V6 – 6 silinder terbagi dua, masing-masing 3 dan dipasang menyudut hingga berbentuk huruf ‘V’. Sedan Mitsubishi Galant yang dipakai kepolisian Indonesia ini memiliki kapasitas 3,0 liter dengan tenaga kuda sebanyak 402 HP. Tenaga ini mampu menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dibanding Ferrari Modena yang hanya berkekuatan 396hp.

Mitsubishi Galant V6 

Mitsubishi Galant V6 

Mitsubishi Galant V6 

Galant V6 

Mitsubishi Galant V6 

Kendaraan patroli polisi diatas memiliki kecepatan dan penampilan yang menarik. Walapun seluruh kendaraan polisi memiliki transmisi manual sebagai standar kendaraan polisi, juga interior kendaraan yang standar minimal. Namun sayangnya performa mobil yang baik seperti diatas kurang ditunjang dengan kebijakan kepolisian lainnya. Yaitu konsumsi bahan bakar yang hanya diberikan premium yang bernilai oktan rendah, padahal mobil dengan mesin berkapasitas tinggi memerlukan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi. Selain itu patroli hanya mendapat jatah bensin sebesar 2 liter tiap harinya sehingga kegiatan patroli kurang dapat optimal.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :